Sabtu, 10 November 2012

AWAL MULA SAYA MENGGUNAKAN INTERNET



AWAL MULA  SAYA MENGGUNAKAN  INTERNET
Berawal mungkin pada saat kelas 3 SMP, Pada saat itulah saya mulai bersama teman-teman saya untuk mencari bahan-bahan untuk penyusunan kliping kami melalui internet, Namun saat itu saya bingung bagaiman cara menggunakan internet itu, dan pada saat itu pun bukan saya yang melakukan browsing terhadap bahan-bahan kliping kami.Saya cenderung orang yang gaptek(gagap teknologi) sehingga pada waktu itu tidak berani untuk menyentuh hal-hal yang belum saya ketahui.
Di saat saya mulai menjelajahi internet saya hanya mengetahui website pasti,yakni tidak lain tidak bukan adalah search engine(Google) .pada waktu itu saya bahkan berpikir internet itu sendiri adalah google, search engine tersebut bisa menghubungkan dan menemukan apapun yang kita cari hal itulah yang membuat saya berpikir bahwa internet itu sendiri adalah google hahaha.
lalu,saya memulai aktivitas saya saat masuk kelas 1 SMA yang dimana menuntun saya untuk mengenal dan memiliki account social network yakni Facebook.melalui facebook saya dapat bersosialisasi dengan teman-teman saya baik teman lama yang sempat lose-contact,hingga teman-teman baru.Hingga kini saya pun masih menggunakan jasa social network untuk berhubungan dan bersilaturahmi dengan teman-teman saya.
Sejak di bangku kuliah ini,saya mulai sering bergabung di dalam sebuah forum ataupun komunitas baik lokal maupun international.Saya rasa banyak sekali hal yang dapat kita ketahui dengan bergabung di sebuah forum.karena di dalam forum itu sendiri kita selalu saling berbagi berbagai macam informasi dan hal-hal positif.melalui internet. Saat itu juga zamannya masih friendster dan yahoo messenger yang paling populer, memang yahoo messenger masih populer sampai sekarang. Coba lihat-lihat thread di forum, melihat sebuah tutorial mengenai Deface Friendster, saya lupa penulisnya karena sudah lama, maka saya coba. Dahulu friendster mempunyai bug untuk usernya dimana user dapat mengirim sebuah script ke teman. Pada saat itu saya mengirim sebuah script ke wall teman yang isinya membuat background hitam dengan size yang besar sehingga menutup semua halaman wall dari teman dan ada tulisan marquee sebagai pesan. Saya lantas kaget karena itu adalah akun teman saya. Tapi itulah awal mula saya mendeface.
Saat ini internetan sudah menjadi schedule saya, entah hanya browsing, bermain game online, baca berita online, download, dll. Internet sangat membantu, dalam segala masalah dalam kehidupan real ini. Sekarang informasi banyak yang diunggah di media online, entah berapa banyak berita yang diunggah dalam 1 menit diinternet. Banyak hal yang bisa dilakukan diinternet, dari hal positif sampai hal yang negatif semua tersedia. Salah satu contoh dari hal positif adalah melakukan bisnis online dari internet. Tapi begitu banyak hal yang bisa diambil dari internet, ironisnya biaya internet sangat mahal menurut saya. Beberapa Internet Service Provider (ISP) menawarkan harga yang murah sekitar 75.000 sampai 100.000 tapi kualitasnya belum memuaskan. Padahal Indonesia adalah pengguna 4 besar internet di asia.Kita harapkan kinerja dari kementrian informatika ditingkatkan lagi, sehingga dapat menekan berbagai ISP di Indonesia untuk meningkatkan kualitasnya.
Internet adalah rangkaian komputer yang saling terhubung yang berfungsi untuk memudahkan user atau pengguna untuk bersosialisasi dan berkomunikasi . awal mula saya mengenal internet yaitu tepatnya pada saat saya duduk di kelas 3 smp. Disitu saya mulai belajar serta mengenal tentang apa itu internet. Pada saat itu saya hanya mempelajari sekilas tentang sejarah serta perkembangan internet. Setelah saya mempelajari ternyata disitu saya baru menyadari betapa pentingnya internet bagi para pengguna seperti saya ini. Banyak sekali kegunaan internet yang sangat memberikan banyak sekali hal positif. Namun tidak di pungkiri juga internet dapat memberikan dampak negatif. Tapi disini kita ambil manfaat positifnya jangan yang negatifnya. Setelah saya lulus dari smp lalu saya masuk sma, disitu saya baru mulai mempelajari bahkan mendalami tentang apa itu internet. Teryata internet itu benar-benar luas sekali. Di sma saya juga diajarkan bagaimana caranya  mencari sebuah informasi ataupun berita dengan menggunakan media internet yaitu dengan cara Browsing melalui media lain yang ada di internet seperti Google. Setelah saya diajarkan di sekolah lalu saya mencoba sendiri di rumah dengan menggunakan handphon, Ternyata menggunakan internet itu mudah dan tidak susah seperti apa yang saya bayangkan. Semua informasi serta berita yang disajikan diinternet sangat update, dan penjelasannya pun sangat detail serta jelas. Semuanya bisa kita cari dengan cepat, tepat dan mudah dengan menggunakn internet. Internet benar-benar memudahkan user untuk bersosialisasi, berkomunikasi serta mengetahui berita ter update dengan cepat, tepat dan mudah. Oleh karena itu marilah kita gunakan internet sebaik-baiknya, jangan kita salah gunakan internet untuk hal-hal yang negatif, gunakan internet untuk hal-hal yang positif.Itulah sedikit pengalaman saya dalam mengenal internet dari awal  hingga kini.Menurut saya selama kita dapat menggunakan internet dengan bijak dan positif ,maka nantinya pun kita akan mendapatkan hasil yang positif, Terima kasih.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar