Senin, 20 April 2015

Tugas IT Pengantar Teori Game

BAB III

PEMBAHASAN
3.1 Gambar Umum Aplikasi
Pada bab ini menjelaskan tentang rancangan pembuatan game the metal suit menggunakan strawberry prolog dengan pc/komputer sebagai media yg digunakan untuk bisa memainkan nya. Game the metal suit ini merupakan salah satu bentuk implementasi berbasis prolog menggunakan pc/komputer yang diperuntukkan bagi gamer agar dapat memainkan game tradisional suit dengan tampilan yg lebih menarik dan menghibur. Aplikasi ini tidak hanya bermanfaat dalam ruang lingkup bermain game saja, melainkan dapat mengingatkan kepada masyarakat tentang teknologi pembuatan game yaitu strawberry prolog dalam bidang hiburan.
                   
3.2  MENU UTAMA
Game ini saya buat dengn resolusi berukuran 1000 x 670 pixel. Terdapat beberapa karakter yang saya adopsi dari anime (Rurouni kenshin) atau biasa dikenal samurai X sebagai karakter dalam game ini. Tampilan awal saat game ini dijalankan pertama akan meminta menginputkan nama pemain sebelum game ini dimulai. Nama pemain nantinya akan ditampilkan pada saat permainan dimulai.

                        Gambar 1.1.1a – input nama
Setelah itu akan muncul Opening Video yang berisi sponsor, pembuat game dan Judul Game. Opening Video ini berlangsung beberapa detik sebelum jendela Menu utama terbuka. Opening ini dapat di skip dengan menekan tombol ENTER.


Setelah Opening Video selesai maka akan muncul menu utama. Di menu ini ada beberapa tombol antara lain START THE GAME, CHOOSE YOUR CHARACTER, CHOOSE YOUR ENEMY, CHOOSE YOUR ARENA, ABOUT DAN EXIT.

Gambar 1.1.1d – Menu Utama
­­­

KETERANGAN TOMBOL :
·         START THE GAME :
 Langsung memulai permainan
·         CHOOSE YOUR CHARACTER :
Memilih karakter yang akan dimainkan dalam game.
·         CHOOSE YOUR  ENEMY :
Memilih karakter yang akan menjadi lawan / komputer.
·         CHOOSE ARENA :
Memilih arena yang akan digunakan sebagai tempat bermain.
·         ABOUT :
Melihat Informasi tentang pembuat game.
·         EXIT :
Keluar dari game.

3.3 PILIHAN KARAKTER DAN ARENA
Jika memilih pilihan  CHOOSE YOUR CHARACTER maka akan menutup jendela menu utama dan membuka jendela yang berisi tampilan untuk memilih karaketer. Ada beberapa tombol yang dapat digunakan untuk memilih karakter diataranya : KENSHIN HIMURA, SAITO HAJIME, SHISHIO MAKOTO, PILIH LAWAN, PILIH ARENA dan BACK TO MENU.

Gambar 1.1.2a – Jendela Karakter Player

KETERANGAN TOMBOL :
·         KENSHIN HIMURA : memilih karakter kenshin himura sebagai player.
·         SAITO HAJIME : memilih karakter saito hajime sebagai player.
·         SHISHIO MAKOTO : memilih karakter shishio makoto sebagai player.
·         PILIH LAWAN : membuka jendela window untuk memilih karakter yang akan digunakan Komputer.
·         PILIH ARENA : membuka jendela window untuk memilih arena bermain.
·         BACK TO MENU : Kembali ke Menu Utama.

            Setelah memilih Player, dapat langsung memilih arena atau memilih karakter yan digunakan oleh Komputer, jika tidak memilih Karakter lawan maka secara default karakter lawan adalah Kenshin Himura. Ada beberapa tombol yang dapat digunakan untuk memilih karakter lawan diataranya : KENSHIN HIMURA, SAITO HAJIME, SHISHIO MAKOTO, PILIH KARAKTER, PILIH ARENA dan BACK TO MENU.

Gambar 1.1.2c – Jendela Arena


KETERANGAN TOMBOL :
·         FIELD : memilih Lapangan sebagai arena game.
·         EARTH: memilih tanah sebagai arena game.
·         LIVING ROOM : memilih Ruang Keluarga sebagai arena game.
·         PILIH LAWAN : membuka jendela window untuk memilih karakter yang akan digunakan Komputer.
·         PLAY : membuka jendela window untuk memulai Permainan.
·         BACK TO MENU : Kembali ke Menu Utama.

1 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat!


    silahkan visit website https://bte.telkomuniversity.ac.id/ juga!

    BalasHapus