BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Gambar Umum Aplikasi
Pada bab ini
menjelaskan tentang rancangan pembuatan game the metal suit menggunakan
strawberry prolog dengan pc/komputer sebagai media yg digunakan untuk bisa
memainkan nya. Game the metal suit ini merupakan salah satu bentuk implementasi
berbasis prolog menggunakan pc/komputer
yang diperuntukkan bagi gamer agar dapat memainkan game tradisional suit dengan
tampilan yg lebih menarik dan menghibur. Aplikasi ini tidak hanya bermanfaat
dalam ruang lingkup bermain game saja, melainkan dapat mengingatkan kepada masyarakat
tentang teknologi pembuatan game yaitu strawberry prolog dalam bidang hiburan.
3.2 MENU UTAMA
Game ini saya buat
dengn resolusi berukuran 1000 x 670 pixel. Terdapat beberapa karakter yang saya
adopsi dari anime (Rurouni kenshin) atau biasa dikenal samurai X sebagai
karakter dalam game ini. Tampilan awal saat game ini dijalankan pertama akan
meminta menginputkan nama pemain sebelum game ini dimulai. Nama pemain nantinya
akan ditampilkan pada saat permainan dimulai.
|
Gambar 1.1.1a – input nama
Setelah itu akan muncul
Opening Video yang berisi sponsor, pembuat game dan Judul Game. Opening Video
ini berlangsung beberapa detik sebelum jendela Menu utama terbuka. Opening ini
dapat di skip dengan menekan tombol ENTER.
Setelah Opening Video
selesai maka akan muncul menu utama. Di menu ini ada beberapa tombol antara
lain START THE GAME, CHOOSE YOUR CHARACTER, CHOOSE YOUR ENEMY, CHOOSE YOUR
ARENA, ABOUT DAN EXIT.
|
|
Gambar 1.1.1d – Menu Utama
KETERANGAN TOMBOL :
·
START THE GAME :
Langsung memulai permainan
·
CHOOSE YOUR CHARACTER :
Memilih karakter yang akan
dimainkan dalam game.
·
CHOOSE YOUR ENEMY :
Memilih karakter yang akan menjadi
lawan / komputer.
·
CHOOSE ARENA :
Memilih arena yang akan digunakan
sebagai tempat bermain.
·
ABOUT :
Melihat Informasi tentang pembuat
game.
·
EXIT :
Keluar dari game.
3.3 PILIHAN KARAKTER DAN ARENA
Jika memilih
pilihan CHOOSE YOUR CHARACTER maka akan
menutup jendela menu utama dan membuka jendela yang berisi tampilan untuk
memilih karaketer. Ada beberapa tombol yang dapat digunakan untuk memilih
karakter diataranya : KENSHIN HIMURA, SAITO HAJIME, SHISHIO MAKOTO, PILIH
LAWAN, PILIH ARENA dan BACK TO MENU.
|
|
Gambar 1.1.2a – Jendela Karakter Player
KETERANGAN
TOMBOL :
·
KENSHIN HIMURA : memilih karakter
kenshin himura sebagai player.
·
SAITO HAJIME : memilih karakter saito
hajime sebagai player.
·
SHISHIO MAKOTO : memilih karakter
shishio makoto sebagai player.
·
PILIH LAWAN : membuka jendela window
untuk memilih karakter yang akan digunakan Komputer.
·
PILIH ARENA : membuka jendela window
untuk memilih arena bermain.
·
BACK TO MENU : Kembali ke Menu Utama.
Setelah
memilih Player, dapat langsung memilih arena atau memilih karakter yan
digunakan oleh Komputer, jika tidak memilih Karakter lawan maka secara default
karakter lawan adalah Kenshin Himura. Ada beberapa tombol yang dapat digunakan
untuk memilih karakter lawan diataranya : KENSHIN HIMURA, SAITO HAJIME, SHISHIO
MAKOTO, PILIH KARAKTER, PILIH ARENA dan BACK TO MENU.
|
|
Gambar 1.1.2c – Jendela Arena
KETERANGAN
TOMBOL :
·
FIELD : memilih Lapangan sebagai arena
game.
·
EARTH: memilih tanah sebagai arena game.
·
LIVING ROOM : memilih Ruang Keluarga
sebagai arena game.
·
PILIH LAWAN : membuka jendela window
untuk memilih karakter yang akan digunakan Komputer.
·
PLAY : membuka jendela window untuk
memulai Permainan.
·
BACK TO MENU : Kembali ke Menu Utama.
|
Artikelnya sangat bermanfaat!
BalasHapussilahkan visit website https://bte.telkomuniversity.ac.id/ juga!