Rabu, 26 Oktober 2011

SISTEM BERORIENTASI OBJEK


    Unified Modeling Languange(UML)adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek.
         UML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan,memvisualisasikan,membangunm, dan mendokumentasikan sistem informasi.
        UML dikembangkan sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady Booch,Rumbaugh, dan Ivan Jacobson.namun demikian UML dapat digunakan untuk memahami dan mendokumentasikan setiap informasi.
      Penggunaan UML dalam industri terus meningkat.ini merupakan standar terbuka yang menjadikannya bahasa pemodelan dalam industri piranti lunak dan pengembangan sistem.                                 

                    



 UML

    Sampai th 1990 puluhan metodologi pemodelan berorientasi objek telah bermunculan,masa itu terkenal dengan perang metodologi dalam pendesainan berorientasi objek.masing-masing metodologi membawa notasi sendiri-sendiri,yang mengakibatkan timbul masalah baru apabila kita berkerjasama dengan kelompok/perusahaan lain yang menggunakan metodologi yang berlainan.

Dimulai pada bulan oktober 1994  Booch,Rumbaugh dan Jacobson,yang merupakan tiga yang boleh dikata metodologinya banyak digunakan mempelopori usaha untuk penyatuan metodologi pendesainan berorientasi objek.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


    Berikut akan dijelaskan 3 macam diagram yaitu sbb:*Use case diagram digunakan untuk memodelkan bisnis proses  berdasarkan perspektif pengguna sistem.
       *sequence diagram menjelaskan secara detail urutan proses yang dilakukan dalam sistem untuk mencapai tujuan dari Use Case:yang terjadi antar class,operasi apa saja yang terlibat,urutan antar operasi,dan operasi yang diparlukan oleh masing-masing operasi.
      *Class diagram merupakan diagram yang selalu ada dipermodelan sistem berorientasi objek.Class diagram menunjukkun hubungan antar CLASS dalam sistem yang sedang dibangun dan bagaimana mereka saling berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar